Keramikan

Menikmati Keindahan Keramikan, Kawah Belerang di Lampung Barat

Buat kamu yang mencari wisata alam unik di daerah Lampung, langsung saja ke Pekon Sukamarga, Suoh, Lampung Barat. Sebab di sini ada sebuah spot wisata menarik yang mengekspos keindahan kawah belerang. Tempat ini dikenal dengan nama “Keramikan,” nama yang disematkan oleh masyarakat setempat.

Mengapa kawah belerang ini dinamai Keramikan? Sebab permukaannya mengkilap bagai keramik. Keramikan tercipta melalui aktivitas vulkanik di lokasi itu, yaitu material kawah yang mengalir di sana mengendap selama ratusan tahun. Seiring waktu, endapan itu semakin mengeras. Proses itu pada akhirnya menciptakan dataran seluas 2 hektaran yang terlihat seperti lantai dikeramik.

Meski sangat indah dan unik, pengunjung tidak boleh sembarangan memijak dataran itu. Pasalnya, beberapa titik masih rapuh karena endapannya masih muda alias baru. Bila orang sembarangan dan tak sengaja menginjak titik rapuh itu, dia bisa saja terperosok ke dalam kawah yang mendidih dan itu sangat fatal.

Baca Juga:  Berwisata Seru ke Pantai Karang Bolong Lampung

Oleh karenanya, disarankan para pengunjung memakai jasa guide untuk menyusuri area Keramikan karena semua orang harus ekstra hati-hati. Pengunjung harus melalui jalan sepanjang 100 meter dengan cara berjalan kaki untuk mencapai Keramikan. Di samping kanan-kiri jalan itu banyak terdapat lubang kawah yang terkadang tidak terlihat karena tertutupi dedaunan yang gugur, jadi kamu haus berhati-hati.

Di kanan-kiri jalan yang menuju Keramikan, terdapat banyak sekali pepohonan mirip bakau di hutan mangrove. Menurut Jagad Endah Lestari Khoyun, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola wisata tersebut, warga setempat menyebut pepohonan itu dengan nama pohon peletusan.

Setelah kamu sampai di lokasi Keramikan, kamu akan takjub melihat pesona kawah yang dikelilingi dataran seperti lantai keramik. Dengan paduan gradasi warna kuning, hijau, putih, hitam, dan berbagai warna lainnya di dataran itu, kamu tak akan bosan menikmati indahnya pemandangan di sana.

Baca Juga:  Mengenal Kopi Pak Haji yang Mantap Khas Lampung

Hamparan lantai Keramikan akan menjadi semakin menawan mata setelah hujan, sebab kepulan asap yang berasal dari kawah menjadi semakin tebal. Untuk menuju lokasi kubangan kawah yang dinamai Danau Keramikan oleh penduduk setempat, kamu perlu melalui jalur khusus. Jalur itu adalah papan kayu yang berada di atas lantai Keramikan yang cuma bisa dilintasi satu orang saja.

Pihak pengelola memasang benang nilon di sepanjang jalur itu sebagai pagar pembatas area yang tidak boleh dilewati oleh pengunjung karena berbahaya. Well, bagi kamu yang ingin membuat foto Intagramable atau membuat konten traveling, maka Keramikan bisa jadi salah satu destinasi andalanmu di wilayah Lampung Barat.