Pulau pahawang

Mengintip Surga Bawah Laut Pulau Pahawang di Lampung

Jika kamu ke Lampung, kamu akan takjub mengetahui betapa banyak surga tersembunyi di seantero provinsi ini. Salah satunya adalah Pulau Pahawang yang belum banyak terjamah. Pemandangan bawah lautnya sungguh spektakuler, yang membuat kamu bakal terpesona dan yakin ingin berlama-lama lagi.

Berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung atau tepatnya berada di Teluk Lampung, Pulau Pahawang tidak terlalu jauh lokasinya dari ibukota Lampung, Bandar Lampung, kurang lebih kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar dua jam saja.

Menyelam di Pahawang

Di hari libur sebelum pandemi, pulau ini banyak dikunjungi wisatawan setempat dan sekitaran Lampung. Beberapa wisatawan mancanegara pun ada yang berlibur di sana. Tapi secara umum, destinasi ini tidak terlalu banyak dikenal di luar Lampung.

Fasilitas di Pulau Pahawang memang belum lengkap sebagaimana destinasi-destinasi wisata di pulau Jawa, tapi itu tidak akan mengendorkan niat wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya. Ini adalah tempat yang asyik untuk snorkeling dan kini di pulau ini sudah ada cottage yang keren abis.

Baca Juga:  Mencoba Keunikan Kue Soes Lapena Khas Lampung

Ya, menyelam di Pulau Pahawang memang seru karena di sini pemandangannya luar biasa. Terumbu karang dan biota lautnya tak kalah dengan Bunaken, ditambah lagi airnya juga sangat jernih dan belum tercemar. Ada yang menyebut keindahan Pulau Pahawang mirip dengan Maldives! Ikan-ikan badut alias ikan nemo banyak berkeliaran di sekitar terumbu karangnya.

Snokerling pahawang

Island Hopping

Jika kamu tak hobi menyelam, tenang, kamu bisa island hopping di sini alias mengunjungi satu pulau ke pulau lainnya sambil menikmati suasana laut. Di sini terdapat dua buah pulau yang lokasinya saling berdekatan, antara lain:

Pulau Pahawang Besar

Luas Pulau Pahawang mencapai 1.000 hektar dan dihuni oleh sekitar 1.000 kepala keluarga. Di pulau ini sudah terdapat beberapa fasilitas umum seperti puskesmas dan sekolah. Dan Pulau Pahawang Besar adalah tempat terbaik untuk snorkeling. Karena saking banyaknya ikan badut di sini, lokasi penyelamannya pun diberi nama Wisata Taman Nemo Lampung.

Baca Juga:  Pesona Pulau Pulau Balak di Lampung yang Sepi dan Indah

Pulau Pahawang Kecil

Pulau Pahawang kecil jauh lebih kecil ukurannya, hanya sekitar 13 hektar. Sayangnya konon pulau ini sudah dimiliki warga asing dan kunjungan ke sana tidak bisa bebas.

Hanya dalam waktu satu hari saja kamu bisa melakukan island hopping di sini. Karena bukan cuma dua pulau itu saja, masih ada pulau-pulau lain di sini seperti Pulau Kelagian Besar, Pulau Kelagian Kecil, Tanjung Putus, dan lainnya.

Untuk sampai ke Pulau Pahawang, langsung saja naik perahu di dermaga Ketapang. Di sana banyak perahu yang bisa kamu sewa seharian penuh dengan ongkos terjangkau. Tiket masuk pulau ini gratis karena pulau ini sudah dikelola oleh warga dan pihak cottage yang menyediakan makan siang. Jika tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan jasa wisata Pulau Pahawang.

Baca Juga:  Rekomendasi Petshop Terbaik di Bandar Lampung

Untuk rincian biayanya, untuk naik perahu ke pulau Pahawang kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000. Jika ingin menyelam, kamu harus menyewa perlengkapan snorkeling sebesar Rp 50.000 dan menyewa penginapan di pulau Pahawang sekitar Rp 500.000 yang dapat mengakomodasi 9 orang.

Yuk ke sana!