Wisata Pulau Balak

Pesona Pulau Pulau Balak di Lampung yang Sepi dan Indah

Kebanyakan pulau selalu ramai dengan pengunjung, terutama di akhir pekan atau long season. Tapi tidak demikian halnya dengan pantai di Pulau Balak yang masih sepi. Ini adalah salah satu kekayaan provinsi Lampung yang belum banyak terjamah. Berada di teluk kecil dengan keindahan terumbu karang yang menakjubkan, pulau ini bisa jadi tujuan wisatamu berikutnya.

Kamu pasti pernah dengar tentang Pulau Pahawang kan? Kami sudah pernah membahasnya di sini. Nah, Pulau Balak berada di barat daya Pulau Pahawang Besar. Waktu tempuhnya dari sana sekitar 1 sampai 1,5 jam. Balak sendiri berasal dari bahasa Lampung yang artinya adalah besar.

Pulau Balak ada di mulut Teluk Lampung, yang mana sisi baratnya menghadap ke daratan Sumatera, sementara sisi timurnya menghadap ke Teluk Lampung. Di peta, posisi pulau ini berdekatan dengan Teluk Kiluan, Desa Kucing Riang, dan Pagar Jaya.

Baca Juga:  Mencoba Keunikan Kue Soes Lapena Khas Lampung

Asyiknya, pulau ini tidak memungut tiket masuk alias gratis dan buka selama 24 jam. Di sini kamu bisa duduk menikmati keindahan pantai, melihat sunset, atau snorkeling.

Pesona Pulau Balak

Pulau Balak

Pulau Balak sebenarnya tidak terlalu besar, tapi pasir putihnya membentang luas dan menciptakan pemandangan yang mengesankan. Di pasir putih itulah kamu bisa bersantai menikmati suasana. Letaknya yang jauh dari keramaian juga menjadi nilai lebih karena pulau ini pun relatif sepi dan masih bersih.

Di Pulau Balak juga terdapat gusung pasir. Ini adalah sebutan untuk pasir timbul yang muncul ketika air laut surut. Gusung pasir juga terdapat di Pulau Pahawang kecil, tapi karena pulau itu cukup terkenal, maka banyak turis yang mengujunginya. Sedangkan di Pulau Balak kamu bisa menikmati gusung pasir sepuasnya dengan tenang karena sepi.

Baca Juga:  Berwisata ke Danau Ranau, Danau Terindah di Lampung

Jika kebetulan kamu ke sana ketika air pasang, tidak banyak gusung pasir yang terbentuk, tidak seluas ketika air sedang surut.

Suka snorkeling? Pulau Balak adalah spot yang bagus. Hamparan terumbu karang di bawah sangat indah, membuat siapa pun ingin menyelaminya. Tapi ingat ya jangan merusak keindahan alami ini, cukup nikmati saja. Berbagai biota laut juga terlihat melayang, bahkan ada penyu yang bersembunyi di antara karang. Berkunjung ke Pulau Balak akan jadi pengalaman traveling yang tak akan terlupakan.

Dua Pulau Lain

Masih belum puas? Tenang saja, di sekitar Pulau Balak juga terdapat dua pulau kecil lainnya, yaitu Pulau Lok dan Pulau Lunik. Jaraknya cukup dekat, bisa ditempuh dengan perahu kecil. Kedua pulau ini juga punya hamparan pasir putih yang menawan, pasti akan bikin kamu betah berfoto-foto di sana. Ada juga pantai berbatu karang untuk spot selfiemu.

Baca Juga:  Mengunjungi Pantai Embe Kalianda di Lampung

Kamu bisa mencoba jalan-jalan mengitari Pulau Lok, kurang lebih selama 1 jam. Sedangkan Pulau Lunik adalah yang terkecil dan pantainya juga penuh pasir putih. Semuanya bisa jadi spot foto yang menarik.

Tertarik ke Pulau Balak di Lampung?