Keindahan Danau Singkarak

Keunikan Danau Singkarak yang Luar Biasa Indah

Danau Singkarak merupakan danau yang membentang di antara dua kabupaten Solok dan Tanah Datar. Dengan luas sekitar 107,8 km persegi, sebagian air Danau Singkarak dialirkan melalui terowongan yang menembus Bukit Barisan untuk menggerakkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak yang lokasinya ada di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Danau Singkarak terbentuk karena adanya proses tektonik yang dipicu oleh pergeseran lempengan Sumatera. Hal ini karena Danau Singkarak merupakan bagian dari cekungan Singkarak-Solok yang merupakan segmen dari sesar Sumatera. Oleh karena itu, cekungan Danau ini terbentuk akibat patahan yang disebabkan karena pergeseran lempengan Sumatera.

Beragam spekulasi mengenai asal usul Danau Singkarak masih berkembang hingga saat ini, baik dari segi ilmiah ataupun cerita masyarakat yang beredar.

Baca Juga:  10 Hotel Terbaik di Palembang untuk Perjalanan Liburan / Bisnis

Keunikan Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak Bagus

Selain keindahannya, Danau Singkarak juga memiliki salah satu keunikan dan fakta yang tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya yang ada di Indonesia, yaitu danau ini merupakan habitat asli ikan bilih.

Keberadaan ikan bilih menjadi sebuah fakta menarik, karena ikan tersebut tidak dapat dibudidayakan di perairan lain. Alhasil ikan bilih menjadi salah satu ikan endemik Danau Singkarak yang saat ini populasinya semakin terbatas.

Keunikan ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk mencicipi aneka makanan dan cemilan ikan bilih. Karena rasanya yang sangat lezat dan gurih, makanan dan cemilan ikan bilih menjadi salah satu oleh-oleh yang cukup populer saat mengunjungi Sumatera Barat.

Fakta Lain Tentang Danau Singkarak

Berjarak sekitar 60 km dari Kota Padang, Danau Singkarak memiliki pesona yang sangat menawan hati. Danau yang memiliki kedalaman lebih dari 250 meter dan berada di ketinggian 360 meter di atas permukaan laut ini termasuk ke dalam kategori danau tektonik.

Baca Juga:  Pulau Kemaro, Tempat Wisata Palembang yang Perlu Kamu Tahu

Keindahan Danau Singkarak pertama kali dicatat dalam jurnal seorang peneliti yang berasal dari Jerman, Ernst Haeckel. Karena rasa kagum yang dirasakannya sangat luar biasa, Ernst mengabadikan Danau Singkarak ke dalam sebuah lukisan.

Karena termasuk ke dalam kategori danau tektonik, secara perlahan panjang Danau Singkarak terus bertambah mengikuti pergerakan lempengan bumi. Oleh karena itu para ahli mengungkapkan salah satu fakta lagi mengenai Danau Singkarak, yaitu luasnya akan terus bertambah setiap tahunnya.

Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Danau Singkarak. Mulai dari sepeda dayung, memancing, tracking, semuanya ada di sini. Dan jika kamu suka hunting foto, Danau Singkarak memiliki banyak spot dengan view yang sangat luar biasa. Jadi pengen ke sana kan?